Langsung ke konten utama

CONTOH SAMBUTAN WISUDA UNIVERSITAS




Wisuda, seringkali menjadi moment yang paling ditunggu Mahasiswa/mahasiswi di semua kampus di Indonesia. Bagi sebagian orang, termasuk bagi Pejabat Negara, maupun civitas akademika sebuah kampus, acara wisuda tentu menjadi suatu kebanggaan dapat melihat lahirnya kaum muda intelektual yang siap untuk terjun ke dunia kerja, sebagai angakatan kerja, bahkan menjadi wirausaha yang akan membuka banyak lapangan kerja. 

Oleh karena itu tidak mengherankan apabila, ceremony wisuda seringkali diselenggarakan dengan megah, khidmat, penuh penghayatan dan penuh makna. Di sela-sela acara wisuda, juga sering kita jumpai adanya penyampaian pesan atau sambutan dari pimpinan tertinggi suatu universitas, maupun pidato dari Kepala Daerah dimana kampus tersebut berada. 

Untuk itu, penulis menyajikan sedikit referensi yang bisa dipergunakan, sebagai bahan pidato yang biasanya disampaikan saat acara Wisuda Universitas. 


Berikut contoh Pidato Acara WISUDA UNIVERSITAS:


Mengawali sambutan ini terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala rahmat dan nikmat-Nya sehingga dapat hadir pada acara Wisuda Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana ke-77 Tahun 2023 Universitas Putra Nasional (UPN).

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kita sekalian mendapatkan syafa’atnya di yaumul akhir nanti. Aamiin.

 

Pada kesempatan yang membahagiakan ini atas nama Pribadi, saya menyampaikan Selamat dan Sukses kepada para wisudawan-wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi di Universitas Putra Nasional atau UPN (Nama Hanya Contoh). Diterima dan menjadi mahasiswa UPN adalah sebuah prestasi dan kebanggaan. Begitu pula dengan berhasilnya Saudara sekalian dalam menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar akademik, ini juga adalah prestasi dan kesuksesan yang diraih dengan kerja keras serta memerlukan pengorbanan sekaligus perjuangan.

Untuk itu, sejenak marilah kita syukuri bersama, karena sejatinya setiap keberhasilan dalam hidup ini semata-mata karena ridho Allah SWT. Dengan memegang teguh keyakinan tersebut, insyaallah ilmu yang diperoleh selama melaksanakan studi di UPN akan menjadi ilmu yang barokah, dan akan sangat berguna bagi kalian di kehidupan yang akan datang.

 

Hadirin yang berbahagia,

        Pada hari ini, Saudara sekalian telah resmi menyandang gelar akademik sesuai dengan disiplin ilmu yang Saudara sekalian tekuni. Hal ini pula yang menjadikan Saudara harus memiliki pandangan jauh ke depan, khususnya dalam kiprah pembangunan bangsa dan negara ini, dimana Bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya inovatif Saudara untuk bangkit menjadi bangsa yang besar.

Apalagi saat ini bangsa kita berada pada pintu gerbang menuju bonus demografi, ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif, yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 2045 mendatang. Sebagai konsekuensi logisnya, dalam beberapa waktu kedepan, problematika ketenagakerjaan mungkin akan menjadi urgensi yang begitu penting, dan tentunya perlu untuk diantisipasi dan dipersiapkan sejak dini. Bukan hanya untuk memastikan agar penduduk usia produktif dapat terserap oleh lapangan pekerjaan yang tersedia, tetapi lebih dari itu, misi besar yang ingin kita capai adalah bagaimana penduduk usia produktif memiliki skills dan keterampilan yang mumpuni, guna memenuhi kualifikasi kerja yang akan terus meningkat, sekaligus agar Generasi Emas Indonesia 2045 mampu tampil sebagai kontributor dalam mewujudkan terbukanya kesempatan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat.

Maka dari itulah, Pemerintah Kabupaten Malang menyampaikan terima kasih, sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada UPN yang telah menerapkan Center of Excellence (CoE) berbasis program studi. Dimana selain untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, CoE berbasis program studi ini juga merupakan langkah strategis guna meningkatkan kualitas lulusan, termasuk kesiapannya dalam memasuki dunia kerja, maupun menjadi wirausaha mandiri.

Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran Center of Excellence ini, berarti UPN telah memberikan kontribusi yang besar terhadap upaya persiapan bangsa kita menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Karena, selain pembelajaran secara akademis, lulusan UPN kini juga dibekali dengan keterampilan khusus, sehingga mampu memenuhi kompetensi 4C yakni Creativity, Collaboration, Communication dan Critical Thinking, yang akan sangat dibutuhkan serta akan menjadi modal berharga yang mampu membawa kesuksesan di masa yang akan datang.

Untuk itu, besar harapan saya agar keluarga besar UPN dapat terus mempertahankan berbagai capaian positif ini secara konsisten. Saya optimis profesionalitas, loyalitas, pengabdian, dan kerja keras UPN nantinya akan mampu membawa progresi positif yang signifikan terhadap jalannya pembangunan bidang pendidikan, baik dari skala lokal, regional maupun internasional.

Saya juga berharap mudah-mudahan kolaborasi antara seluruh pihak akan terus terjaga, agar cita-cita untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, mandiri, dan berdaya saing dapat tercapai. Aamiin.  

 

Bapak, Ibu dan Hadirin yang saya hormati,

Demikian yang dapat saya pada kesempatan ini. Terima kasih atas perhatiannya. Sekali lagi saya sampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati. Semoga gelar yang Saudara peroleh ini mampu memberikan manfaat, baik bagi diri sendiri, masyarakat maupun bagi bangsa Indonesia yang kita cintai. Aamiin.


Sekian dan terima kasih. 


#contohsambutanwisuda #contohpidatowisuda

POPULER

SAMBUTAN / PIDATO ACARA PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN MASJID

  CONTOH SAMBUTAN / NASKAH PIDATO PADA ACARA PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN  MASJID AL-IKHLAS (NAMA HANYA CONTOH)   Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh   YTH §   AL MUKARROM PARA ALIM ULAMA/KYAI; §   PEJABAT  PEMERINTAH YANG MEWAKILI; §   BAPAK CAMAT DAN JAJARAN; §   KEPALA DESA DAN APARATUR PEMERINTAH DESA; §   PARA TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT; §   PANITIA PEMBANGUNAN MASJID DAN PARA HADIRIN SERTA SEGENAP WARGA MASYARAKAT YANG BERBAHAGIA;       Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat  Allah SWT karena hanya atas ridho-Nya semata, pada hari ini kita dapat bersilaturahmi dalam suasana penuh khidmat untuk bersama-sama mengikuti Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Ikhlas. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita tercinta, Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat da

CONTOH SAMBUTAN PADA UPACARA PERINGATAN HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

CONTOH SAMBUTAN/PIDATO UPACARA PERINGATAN   PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA   Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera bagi kita semua , Oom Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.                Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, kita bersama masih diberikan nikmat sehat dan nikmat selamat untuk dapat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.         Tidak lupa, sholawat serta salam, semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Mudah-mudahan kita mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti. Aamiin.   Saudara Sekalian, para Peserta Upacara yang saya hormati ,         Pada hari ini, 78 tahun yang lalu, merupakan momen paling bersejarah bagi kehidupan seluruh komponen bangsa Indonesia tanpa terkecuali. Teks Proklamasi Kemerdekaan yang telah dibacakan pada saat detik-d

CONTOH PIDATO PERESMIAN MASJID. (KETELADANAN DARI WALI SONGO)

CONTOH PIDATO PERESMIAN MASJID. (KETELADANAN DARI WALI SONGO) CONTOH SAMBUTAN / PIDATO PADA ACARA PERESMIAN DAN  PENANDATANGANAN PRASASTI  MASJID AL IKHLAS       Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam s ejahtera untuk kita semua . YTH. ALIM ULAMA, PARA KYAI, DAN AL MUKARROM; YTH. PARA PEJABAT PEMERINTAH; CAMAT DAN KEPALA DESA/LURAH; TAKMIR MASJID DAN PANITIA PEMBANGUNAN MASJID; HADIRIN DAN TAMU UNDANGAN YANG BERBAHAGIA. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan nikmat dan karunia-Nya, kita dapat bertemu dan bersilaturahmi dalam keadaan sehat wal’afiat . Sholawat dan salam mari senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah memberikan suri teladan kepada kita semua. Atas nama pribadi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran serta seluruh komponen masyarakat dan pihak terkait, sehingga peresmian Masjid Al-Ikhlas hari in

Contoh Sambutan atau Pidato Sholat Idul Adha TERBARU

  Sebentar Lagi, umat Muslim di Indonesia akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha. Tentu keceriaan dan suka cita mengiringi kebersamaan umat di hari yang penuh berkah ini.  Berikut ini Penulis akan berbagi contoh pidato pada acara sholat Idul Adha yang bisa dijadikan inspirasi bagi anda yang membutuhkannya.  CONTOH PIDATO ATAU SAMBUTAN IDUL ADHA Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu ’ alaikum warahmatullahi wabarakatuh.   Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa   Ilaaha   Illallaahu Allaahu   Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd.   Jamaah Shalat Idul Adha Rahimakumullah, Maha Suci Allah yang tidak perhah berhenti mencurahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga pagi ini kita dipertemukan kembali dengan hari yang penuh berkah, dan kemuliaan bagi umat Islam, yaitu Hari Raya Idul Adha tahun 1444 Hijriah. Sholawat serta salam mari kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, dengan mengucap Allahumma Shalli ‘Alaa Muhammad, Wa ‘Alaa Ali Muhamm

Contoh Sambutan Pelantikan GP ANSOR

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, nikmat, dan karuniaNya, sehingga kita dapat hadir dan bersilaturahmi pada kegiatan “ Pelantikan PAC dan Ranting GP Ansor ” hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Mudah-mudahan kita sekalian mendapatkan syafaatnya di yaumul akhir kelak. Aamiin yaa rabbal’alamin. Atas nama Pribadi saya mengucapkan Selamat dan Sukses kepada seluruh pengurus PAC dan Ranting GP Ansor beserta Banser yang pada hari ini telah secara resmi dilantik. Teriring doa dan harapan agar Saudara sekalian dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya dan siap menjalankan tugas sebagai kader GP Ansor yang militan, profesional, dan potensial, sekaligus mampu membawa kemajuan, baik bagi organisasi maupun masyarakat secara luas.   Hadirin yang berbahagia,